Bukan Uang, Emas, dan Properti, Tapi Inilah Investasi Yang Paling Berharga

July 21, 2016

Umumnya yang ada di benak pikiran saat ditanya investasi apa yang paling berharga, jawabnya entah itu uang, emas, properti, kendaraan, atau tanah. Dari semuanya ada yang lebih berharga yaitu kesehatan. Kesehatan menjadi investasi mewah sekaligus tak ternilai. Penyataan ini menjelaskan betapa pentingnya kesehatan bagi setiap orang.

Hidup sehat itu sebenarnya murah, namun terasa mahal saat kita sudah jatuh sakit. Bisa kita rasakan saat biaya rumah sakit, rawat inap, obat, dan terapi sangat menguras kantong demi kembali sehat.  Seringkali terabaikan saat sehat dengan tidak menjaga pola hidup, pola makan, dan pola tidur. Sementara investasi kesehatan saat muda, menuai kebahagiaan di masa tua. Siapa yang tidak ingin tampak segar dan tetap gagah meski kulit sudah mengeriput?

Tentunya hidup panjang umur dan dilimpahi kesehatan menjadi keinginan bagi banyak orang. Dengan kecanggihan dan semakin majunya teknologi kesehatan, angka harapan hidup semakin meningkat. Dikutip dari penelitian yang dilakukan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington, rata-rata usia harapan hidup para wanita mencapai 72,7 di 2013, sementara pria rata-rata hidup mencapai 68,4 tahun. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan 1990, di mana rata-rata wanita hidup hingga 66,8 tahun dan pria hidup hingga usia 63,2 tahun.

Pentingnya menjaga kesehatan harus disadari dan dipraktikan secara kontinyu. Apalagi sebenarnya  sehat itu menyeluruh di mana keadaan seseorang sejahtera jasmani, rohani, sosial, dari dalam dan luar yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Sayangnya masih banyak yang peka bahwa kesehatan itu mahal dan tidak bisa dibeli namun pada praktiknya masih berprilaku gaya hidup tidak sehat.

Berprilaku hidup sehat dan tampak sehat hingga usia senja memang tidak mudah dilakukan, namun tidak mustahil untuk dikerjakan. Tentunya perlu pandangan dan tekad  yang jelas dan kuat untuk masa depan. Dengan membiasakan diri berolahraga, mengatur jam istirahat dan rutinitas, tidak mengonsumsi roko dan alkohol, serta memperbanyak konsumsi makanan bergizi.

Selain mengantisipasi dengan pengaturan pola hidup, yangpenting lainnya adalah pola pikir. Berpikir positif nyatanya dapat membuat hidup lebih segar dan senang. Dan pastikan juga bahwa Anda terjamin kesehatannya dengan perlindungan yang tepat. Meskipun sudah melakukan rutinitas dengan pola yang sehat dan teratur, perlindungan kesehatan juga menjadi antispasi yang penting. Setidaknya dengan kepemilikan perlindungan kesehatan, hidup sehat terasa nyaman dan di usia senja menjadi lebih aman.