Hidup Tenang Saat Properti Sudah Terlindungi

April 20, 2016

Rumah bukan barang yang mudah dan murah. Kita bersama sepakat dengan hal ini. Sayang sekali jika rumah idaman yang sudah dipersiapkan sejak lama dan dibangun dengan biaya yang tidak murah, habis begitu saja saat musibah datang atau rusak karena usang. Sudah rugi bahkan Anda tidak punya perlindungan properti.

Pentingnya perlindungan terhadap properti adalah sebagai antisipasi saat pemilik sedang dalam kondisi keuangan yang tidak mencukupi, Anda masih memiliki jaminan yang sewaktu musibah datang dapat digunakan. Meski terbilang kurang populer dibandingkan dengan asuransi pendidikan, kesehatan dan aset, properti juga perlu mendapatkan jaminan keselamatan.

Musibah datang tanpa bisa dipungkiri dan tak pernah terduga. Apalagi kawasan tempat tinggal Anda menjadi langganan setia banjir. Sungguh sayang jika properti Anda tidak terlindungi karena asuransi properti tidak hanya memberikan perlindungan secara fisik tetapi juga non-fisik atau finansial. Jika sudah menjadi nasabah asuransi properti, Anda akan memperoleh ganti rugi finansial seperti yang tercantum dalam polis juga mendapatkan biaya pasca-musibah seperti pembersihan puing bangunan.

Yang perlu diperhatikan dari asuransi properti adalah premi. Tarif premi asuransi properti bergantung dengan okupansi/pemakaian fungsi bangungan, kelas kontruksi, lokasi bangunan, situasi sekeliling bangungan, dan zona rawan bencana. Tentunya berbeda tarif premi yang diberlakukan bagi nasabah yang berada di kawasan perumahan kluster dengan biasa, berbeda dengan properti komersial seperti ruko, pabrik, dan mal dan sebagainya.

Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk menjadi nasabah asuransi properti, Anda perlu memperhatikan jenis proteksi yang dibutuhkan seperti perlindungan huru-hara, banjir, resiko gempa bumi, pencurian, dan lainnya. Yang penting, hindari resiko yang tidak mungkin terjadi dan prioritaskan resiko yang peluanganya lebih besar.

Apabila Anda ragu dan kurang paham dengan asuransi ini, jangan sungkan untuk menggunakan jasa konsultasi keuangan. Biasanya perusahaan penyedia asuransi ini juga menawarkan jasa konsultasi sehingga memudahkan Anda untuk memilih perlindungan properti.