Masih seputar telur dan ayam

August 2, 2016

Kemarin kita membahas tentang telur dan ayam dalam investasi, ada dua kelompok yaitu kelompok kebanyakan juga kelompok investor. Perbedaan antara kedua kelompok ini terletak pada cara menyiasati keperluan sehari-hari ataupun tujuan jika mengajukan pinjaman.

Kelompok investor biasanya lebih fokus pada kebutuhan bukan keinginan. Seperti pemilihan transportasi, rata-rata kelompok kebanyakan menggunakan transportasi milik sendiri sementara kelompok investor akan gunakan transportasi yang paling efisien yaitu kendaraan umum seperti busway, kereta, ojek atau taksi online dengan harga promo sehingga dapat hemat biaya parkir bensin toll dan lainnya.

Selain itu, dalam hal pinjaman atau kredit kelompok investor akan mengajukan pinjaman untuk keperluan jangka panjang seperti menyicil rumah, menyicil kendaraan bermotor atau mobil jika memang dibutuhkan. Mereka akan mengkredit sesuatu yang memang mereka butuh atau emergency bukan untuk sesuatu hal yang konsumtif.

Dengan pola tersebut, kelompok yang kita sebut sebagai kelompok investor ini mendapatkan kesempatan dalam menyisihkan penghasilannya untuk keperluan investasi. Dan dimasa yang akan datang, kelompok investor akan terlihat lebih stabil dalam hal keuangan dibandingkan dengan kelompok kebanyakan.

Untuk itu mari sisihkan penghasilkan kita untuk berinvestasi, lakukan dengan disiplin setiap bulannya. Investasi bukan selalu bicara tentang dana yang besar, tapi merupakan penyimpanan dana secara rutin kedalam produk-produk investasi yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan anda.

So, mau pilih telur atau ayam??