Penting kah Asuransi Jiwa untuk keluarga?

June 6, 2017

Asuransi, tentunya sudah tidak asing ditelinga kita. Ada banyak jenis asuransi yang ditawarkan dari berbagai perusahaan, salah satunya adalah asuransi jiwa.

Asuransi jiwa ini tidak hanya melindungi diri kita sendiri, tapi juga akan melindungi keluarga. Sehingga jika terjadi sesuatu terhadap diri kita seperti meninggal dunia, cacat tetap total yang mengakibatkan hilangnya penghasilan maka asuransi jiwa tersebut akan memberikan pertanggungan atau santunan kepada keluarga.

Dengan begitu anda tidak perlu khawatir akan kelangsungan hidup keluarga anda.

Ada beberapa jenis Asuransi Jiwa yang dapat anda pilih, antara lain:

1.    Asuransi Jiwa Berjangka atau Term Life

Asuransi ini mempunyai system berjangka waktu tertentu atau ada masa habisnya. Waktunya bisa anda tentukan yaitu 5, 10, 15, 20 tahun atau seterusnya.
Hanya saja jika anda meninggal atau sudah tidak produktif setelah jangka waktunya habis, maka keluarga tidak mendapatkan pertanggungan. Tapi asuransi jenis Term Life tersebut adalah asuransi jiwa yang premi nya paling rendah, premi yang anda bayarkan bisa mulai dari Rp. 3.000.000 pertahunnya.
Walaupun preminya paling rendah, namun pertanggungan/ santunan nya cukup tinggi yaitu bisa mencapai hingga miliaran Rupiah.

2.    Asuransi Jiwa Seumur Hidup atau Whole Life

Secara teori asuransi jiwa ini memberikan perlindungan seumur hidup anda, namun biasanya perusahaan asuransi akan memberikan pertanggungan sampai umur maksimum 100 tahun.
Karena asuransi whole life adalah asuransi jiwa maka asuransi ini akan memberikan pertanggungan ketika tertanggung meninggal dunia. Premi asuransi jiwa seumur hidup tidak hangus, perusahaan asuransi akan mengembalikan premi anda jika tidak ada klaim, dan pada akhir kontrak uang pertanggungan akan diberikan semuanya dengan catatan apabila tidak ada klaim.

3.    Asuransi Jiwa Dwiguna ( Endowment )

Asuransi Jiwa Dwiguna atau endowment adalah asuransi yang memiliki dua fungsi, fungsi pertama sebagai asuransi jiwa berjangka dan yang kedua sebagai tabungan. Yang dimaksud sebagai tabungan ialah anda dapat menarik polis asuransi, apabila suatu saat memiliki keperluan yang mendesak tentunya dengan ketentuan-ketentuan yang sudah disetujui antara kedua belah pihak. Dan anda juga akan mendapatkan uang tunai dengan presentasenya yang bisa lebih dari 4% dari total premi yang anda bayarkan.

4.    Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi Jiwa Unit Link juga asuransi jiwa yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai proteksi dan juga sebagai investasi.
Apabila dibandingkan dengan asuransi jiwa lainnya, asuransi jiwa unit link ini memang lebih mahal preminya, karna memiliki kelebihan pada proteksinya dan investasi yang dinilai cukup menarik sehingga dapat memberikan keuntungan yang besar untuk anda.

Nah itulah ulasan singkat dari jenis-jenis asuransi jiwa, mungkin sudah saatnya kita mulai memikirkan untuk mengambil asuransi jiwa demi masa depan keluarga tercinta. 
Harta yang paling berharga adalah keluarga, bukan begitu??

 

 

FotobyGoogle