Pilih Rumah atau Apartemen?

August 22, 2016

Rencana mau beli rumah? Tapi bingung mau pilih rumah atau apartemen? Yuk, simak tips berikut. Rumah ataupun apartemen punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan banyaknya pembangunan apartemen dan perumahan tentunya membuat kita bingung untuk memilih.

Nah sebelum membeli coba kamu pikirkan, apa yang menjadi prioritas mu saat mencari tempat tinggal? Untuk sebagian masyarakat hal paling utama ketika memilih tempat tinggal adalah lokasi, sebab bagi mereka yang memiliki segudang aktifitas waktu adalah sesuatu yang berharga, jadi punya tempat tinggal yang tidak jauh dari kantor itulah solusinya.

Saat ini banyak sekali pengembang berlomba-lomba membangun apartemen dipusat kota, sehingga lebih mudah dijangkau dan dekat dari gedung perkantoran maupun pusat pembelanjaan. Tentunya hal tersebut banyak menarik peminat terutama untuk kalangan karyawan.

Namun masih banyak juga lho yang lebih memilih rumah sebagai tempat tinggal, karena dianggap lebih nyaman, aman dan bebas merancang sesuai keinginan mereka.

Setelah lokasi terjawab, maka hal yang berikutnya adalah budget. Cari lah rumah atau apartemen yang masuk dalam hitungan dana mu, jika budget tidak mencukupi untuk membeli property dipusat kota maka tidak ada salahnya mencoba cari yang letak daerahnya tidak ditengah kota. Tapi tentunya dengan akses jalan yang mudah dan bisa dijangkau oleh transportasi umum seperti kereta, busway atau lainnya.

Selain itu, jangan lupa perhatikan juga mengenai legalitasnya. Apabila kita membeli rumah maka kita akan mendapat SHM atau Surat Hak Milik yaitu surat kepemilikan terkuat, tidak ada batas waktu. Namun jika membeli apartemen, yang kita dapatkan adalah HGB atau Hak Guna Bangunan dan HGB ada batas waktunya, sampai 20 tahun.

Jadi mana yang kamu pilih?