Telur dan ayam, mana yang lebih dulu

August 1, 2016

Pernah dengar pertanyaan “mana duluan telur atau ayam” ? Pertanyaan ini rasanya sudah tidak asing lagi ditelinga, biasanya pertanyaan klasik tersebut dijadikan bahan candaan saat sedang berkumpul. Apapun jawabannya, telur dan ayam ini bisa buat kita sedikit terhibur.

Tapi apakah kamu pernah dengar tentang telur dan ayam dalam investasi? Pertanyaan telur dan ayam ini juga sering digunakan dalam pembahasan investasi, mungkin sebagian dari kamu akan bertanya apa kaitannya telur dan ayam pada investasi? Memang tidak ada hubungannya, tapi pertanyaan tersebut sama dengan pertanyaan “mana dulu konsumsi atau investasi”.

Jika ditanya hal ini kita akan bingung jawabnya, atau berbeda pendapat. Sebab semua orang mempunyai kebutuhan dan pemikiran masing-masing.

Biasanya orang akan berpikir bahwa income atau penghasilannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, keperluan sekolah anak, dan membeli apa yang diinginkan, setelah itu sisa nya baru akan dimasukan tabungan. Kelompok ini adalah kelompok rumah tangga atau kita sebut saja kelompok kebanyakan.

Namun sebagian orang lainnya, atau yang kita sebut sebagai kelompok investor akan menghitung dengan cermat jumlah penghasilan dan setelah itu mereka menyisihkan dana untuk investasi lalu untuk keperluan diwaktu yang akan datang seperti biaya sekolah anak beberapa tahun kedepan, membeli rumah atau kendaraan, bahkan untuk naik haji bagi yang muslim. Dan sisa uangnya, baru akan mereka gunakan untuk keperluan sehari-hari.

Nah jika kamu sudah pahami perbedaan kelompok ini, sekarang pertanyaan nya adalah ada dikelompok mana kah kita?